Liga Anak Indonesia (LIGANA.id) Digelar, Ingin Siapkan Pemain U20 untuk Timnas

Liga Anak Indonesia (Ligana.id) resmi digelar pada Minggu (27/10/2019) di lapangan SEKKAU, Halim Perdana Kusuma, Makasar, Jakarta Timur.

Ada lima kategori kelompok umur yang dipertandingkan pada Ligana.id yaitu kategori U9, U11, U13, U15 dan U17.

Pertandingan akan digelar selama setengah musim terhitung dari Oktober 2019 sampai Oktober 2020.

Untuk kategori U9 dan U11 akan dimulai pada pertengahan November 2019.

Untuk pelaksanaan liga di musim pertama dilakukan secara regional masing-masing regional satu di Jakarta, regionela dua di Bogor, tiga di Tangerang, dan empat di Bekasi.

Saat ini komeptisi baru digelar di regional satu yaitu Jakarta, sedangkan Regional lain akan segera digulirkan.

Sementara sudah ada sebanyak 12 tim yang telah memenuhi kuota U15, sedangkan U11, U13,U15 dan U17 masih terbuka.

Di regional satu Jakarta, pertandingan dibuka dengan laga pada kategori U15 yang mempertemukan Ragunan Soccer School vs Bintang Pratama.

Menurut CEO ET SPORT, Ridjaldi, latar belakang dibentuknya liga anak ini adalah untuk melakukan pembinaan sepak bola usia dini yang baik sekaligus menyambut berita bahagia terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20.

“Semangatnya adalah pembinaan usia dini. Dimana kami akan mendukung persepakbolaan indonesia dengan pembinaan sejak usia dini. Sekaligus menyambut kabar bahagia sebagai tuan rumah piala dunia U20 di Indonesia,” kata Ridjaldi.

Lebih lanjut Ridjaldi mengatakan bahwa pihaknya juga berencana membentuk tim yang dijaring dari pemain terbaik hasil kompetisi untuk dibina agar nantinya mampu menghasilkan pemain yang dapat menembus Timnas.

“Kami berencana mencari pemain terbaik dari liga ini dan dibentuk kedalam sebuah tim yang nantinya akan dibina. Adapun harapannya yaitu supaya mereka dapat menembus timnas,’kata Ridjaldi.

Ligana saat ini telah mendapatkan restu dari Kementerian Pemuda dan Olahraga serta didukung Kementerian Informasi dan Komunikasi dalam penyelenggaraannya.

Untuk kategori U-9, U-11 dan U-13 juga akan memperebutkan piala bergilir dari Kemenpora.

Selain itu, Chief Registry Officer PANDI selaku penyelenggara Ligana.id, Gunawan Tyas Jatmijo berharap Ligana.id bisa jadi media bagi pelatih Timnas untuk mencari pemain.

“Syukur, jika nantinya ada pemain jebolan kami yang masuk ke Timnas untuk Piala Dunia U-20 nanti,”katanya. (M21)

 

Laporan Reporter WARTAKOTALIVE.COM Rafsanzani Simanjorang

Source : https://wartakota.tribunnews.com/2019/10/28/ligana-anak-indonesia-digelar-ingin-siapkan-pemain-u20-untuk-timnas?page=2