Ini Alasan PANDI Terjun ke Sepak Bola Melalui Ligana.id

Bola.net – Ada hal menarik dalam gelaran turnamen Liga Anak Indonesia (Ligana.id) 2019. Alih-alih didukung oleh perusahaan apparel sebagaimana jamaknya, turnamen sepak bola kelompok usia ini ternyata didukung sepenuhnya oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI).

PANDI sendiri merupakan lembaga yang tak ada sangkut pautnya dengan olahraga, termasuk sepak bola. Selama ini, mereka justru lebih dekat dengan dunia internet.

Menurut Wakil Ketua Dewan Pengurus PANDI Bidang Pengembangan Usaha, Kerja Sama, dan Marketing, Heru Nugroho, ada sejumlah alasan di balik keputusan lembaganya terjun ke kancah sepak bola.

“Sepak bola ini merupakan olahraga yang sangat populer, bahkan kerap dikaitkan dengan kebanggaan Indonesia,” ucap Heru, pada Bola.net.

“Kami di PANDI, gencar mengampanyekan penggunaan domain dot id, sebagai bentuk identitas dan kebanggaan bangsa. Nah, dari situ kami terpikir bahwa sepak bola dan kami memiliki tujuan searah,” sambungnya.

Menurut Heru, yang juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI), cara menimbulkan kebanggaan melalui sepak bola adalah melalui prestasi. Salah satu jalan meraih prestasi, sambung Heru, adalah dengan mengentaskan banyak bibit unggul dari usia dini.

“Salah satunya dengan kompetisi usia dini. Karenanya, kami sangat mendukung dan memback-up penuh ETSport dalam menyelenggarakan Ligana.id,” tutur Heru.

Apa lagi alasan PANDI mendukung penuh gelaran Ligana.id? Simak di bawah ini.

Sosialisasikan Penggunaan Domain ID

Heru menyebut, ada alasan lain di balik keikutsertaan mereka dalam menyokong gelaran Ligana.id. Alasan tersebut, sambungnya, adalah cakupan sepak bola yang sangat luas.

“Kami ingin memanfaatkan ini untuk bisa sebaik mungkin menyosialisasikan penggunaan domain id,” kata Heru.

“Tentu, sasaran sosialisasi kami bukan hanya para peserta turnamen ini. Sosialisasi kami adalah ke seluruh pencinta sepak bola Indonesia dan publik secara luas,” sambungnya.

Menurut Heru, selama ini, PANDI sudah menyosialisasikan penggunaan domain id ini. Namun, mereka baru fokus pada para pegiat internet dan praktisi teknologi informasi saja.

“Padahal, pengguna domain id ini bukan hanya mereka. Karenanya, kami juga masuk ke kancah sepak bola agar cakupan sosialisasi ini lebih luas lagi,” ia menandaskan.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)